Kemenkes Hebat, Indonesia Sehat

Kemenkes Hebat, Indonesia Sehat

Waspadai Campak, Nakes di Nakai Lakukan Pelayanan Kesehatan

165

Nakai, 19 Januari 2018

Tim tenaga kesehatan (Nakes) yang ditempatkan di Kampung Nakai, Distrik Pulau Tiga, Papua, melakukan pelayanan kesehatan untuk masyarakat setempat. Pelayanan kesehatan itu dilakukan pada program Pelayanan Kesehatan Bergerak (Flying Health Care) sekaligus mengendalikan KLB campak dan masalah gizi buruk.

Pelayanan kesehatan yang diberikan berupa imunisasi dT sekaligus pemeriksaan kesehatan anak di bawah 15 tahun, pelayanan kesehatan bagi orang dewasa, serta penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kepala Puskesmas Nakai, Distrik Pulau Tiga, Frederikus Kaimeraimu mengatakan sebenarnya anak-anak di Nakai sudah diberi imunisasi campak oleh pemerintah Kabupaten pada awal Januari 2018. Namun sekarang diberikan imunisasi dT itu lebih baik.

“Pemberian vaksin dT memberikan kekebalan juga pada anak. Silakan saja lanjutkan itu lebih baik,” kata Frederikus di Puskesmas Nakai, Jumat (19/1).

Imunisasi dilakukan di dua kampung, Nakai dan Fumiripits. Sebanyak 70 anak di Kampung Nakai telah diperiksa kesehatannya. Dari 70 itu, 32 di antaranya mendapatkan vaksin dT, 34 anak mendapatkan Pentabio. Sementara di Fumiripits telah diperiksa 43 anak yang 29 di antaranya diimunisasi dT, 12 anak diimunisasi Pentabio.

Selain itu, saat pelayanan kesehatan orang dewasa dilakukan, sebagian besar mengeluhkan sakit tulang, dan sakit kepala. Penyuluhan PHBS seperti cuci tangan pakai sabun, tidak membuang sampah sembarangan, menggunakan air bersih pun dilakukan.

Terutama soal konsumsi air bersih, Nakes menekankan pentingnya menggunakan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Kondisinya saat ini, masyarakat di Kampung Nakai dan Fumiripits menggunakan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk minum misalnya, sebagian besar masyarakat baik anak-anak maupun orang dewasa meminum air tanpa dimasak terlebih dahulu. Asalkan air terlihat jernih dan tidak berbau, mereka langsung meminumnya.

Begitupun dengan penggunaan jamban, meskipun telah disediakan jamban yang layak oleh Pemda, tapi tidak digunakan. Namun demikian, penyuluhan yang dilakukan diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat dalam menjaga kesehatan diri dan lingkungan.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat,Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email [email protected].(De)

Kepala Biro Komunikasi dan
Pelayanan Masyarakat

drg. Oscar Primadi, MPH
NIP. 196110201988031013

Previous Article
Hari Anak Nasional 2024, Masyarakat Harus Pahami Karakteristik TBC
Next Article
Kemenkes Raih Skor Tinggi Pelayanan Publik 2024, Bukti Nyata Komitmen untuk Masyarakat

MINISTRY OF HEALTH RELEASE


KALENDER KEGIATAN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-5 Kav. 4-9
Jakarta Selatan 12950
Indonesia

Ikuti Kami:

© 2025