Kemenkes Hebat, Indonesia Sehat

Kemenkes Hebat, Indonesia Sehat

Fasyankes bagi Warga yang Diobservasi Sudah Memadai

191

Natuna, 5 Februari 2020

Keberadaan Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) jadi salah satu perhatian penting Kemenkes bagi warga yang sedang dalam masa observasi di Natuna. Kemenkes menjamin kesiagakan Fasyankes terutama rumah sakit dari berbagai daerah bukan hanya pada saat masa observasi ini, tapi setiap saat Fasyankes terus disiagakan.

Fasyankes yang disiapkan pemerintah dalam hal ini Kemenkes bersama TNI dan Polri sangat memadai. Khususnya untuk kebutuhan layanan yang saat ini dibutuhkan bagi seluruh warga negara kita yang ada di Nantuna termasuk warga yang sedang dalam proses observasi.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes, dr. Anung Sugihantono mengaku sudah berkoordinasi sekaligus menerima laporan dari Kadinkes Provinsi Riau bersama dengan beberapa direktur RS. Ia mengatakan bahwa RS tersebut sudah melakukan assessment terhadap Fasyankes yang ada di Batam.

“Sejauh yang dilaporkan, fasilitas memadai. Kegiatan yang dilakukan oleh RS di Batam juga memadai sebagai salah satu support dari layanan kesehatan dalam melakukan observasi kesehatan bagi para pengungsi di Natuna ini,” katanya, Selasa (4/2) di Natuna.

Di dalam wilayah tempat observasi sendiri terdapat 102 pendamping termasuk di antaranya tenaga medis dan tenaga kesehatan dari Kemenkes, RSPAD, dan Puskes TNI. Warga yang berada di tempat observasi dilakukan pengukuran suhu tubuh setiap pagi dan sore, serta mewaspadai gejala yang mirip dengan nCoV seperti flu dan batuk, demam, sakit tenggorokkan.

“Oleh karena itu selama 14 hari kita fokus pada memperhatikan peningkatan suhu tubuh mereka (warga yang sedang diobservasi),” ucap dr. Anung.

Selanjutnya apakah ada keluhan dan tanda-tanda yang sifatnya pilek dan batuk atau mirip dengan gejala influenza, dan kita juga memantau gangguan pernapasan apabila ada, tambah dr. Anung.

Di dalam tempat observasi juga telah didirikan RS Lapangan. Tak hanya soal kesehatan warga yang dipantau, kebutuhan psikologi pun difasilitasi seperti menyedikan alat musik, olahraga, dan fasilitas internet.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor hotline Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email [email protected].(D2)

Kepala Biro Komunikasi dan
Pelayanan Masyarakat

drg. Widyawati, MKM

Previous Article
Hari Anak Nasional 2024, Masyarakat Harus Pahami Karakteristik TBC
Next Article
Kemenkes Tegaskan Komitmen Eliminasi Kanker Serviks, 36 Ribu Kasus Baru Terdeteksi Setiap Tahun

MINISTRY OF HEALTH RELEASE


KALENDER KEGIATAN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-5 Kav. 4-9
Jakarta Selatan 12950
Indonesia

Ikuti Kami:

© 2025